Cara Redirect HTTPS ke HTTP di Website SSL

Beberapa alasan orang-orang pengguna SSL mengalihkan URL protokol (redirect 301) dari HTTPS ke HTTP adalah karena terjadi penurunan pendapatan adsense pada situs https atau pengguna sertifikat SSL. Karena google menyisihkan iklan non https dari group lelang yang ada di situs https shingga persaingan iklan menjadi menurut yang diikuti dengan turunnya earning adsense.

Cara Redirect HTTPS ke HTTP di Website SSL

Untuk meningkatkan kembali pendapatan adsense adalah dengan cara mengalihkan HTTPS ke HTTP, bukan mencabut sertifikat SSL dari akun hosting anda. Perlu kita tahu bahwa sertifikat SSL itu adalah jaringan aman yang akan membuat website kita lebih terpercaya di mata google sehingga lebih seo friendly daripada situs non https.

Bagaimana cara mengalihkan HTTPS ke HTTP?

1. Cukup mudah dan simpel. Tambahkan kode script di bawah ini di bagian .htaccess di cpanel hosting anda.

RewriteEngine On
RewriteCond %{SERVER_PORT} 443
RewriteRule (.*) http://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [R=301,L]

Jangan lupa, jika anda sebelumnya pernah memasukkan scripr redirect dari HTTP ke HTTPS di .htaccess, maka hapus script tersebut karena telah digantikan dengan script di atas.

2. Hapus semua plugin pendukung https di dasbor wp admin wordpress anda (jika anda pernah memasangnya).

3. Langkah terakhir adalah, buka setelan/ setting >> general/ umum, di wp- admin wordpress dan rubahlah URL domain anda dari HTTPS ke HTTP.

Selesai.

Catatan: Anda harus memperpanjang sertifikat SSL setiap tahunnya agar semua internal link yang terlanjur menggunakan https tetap mengarah ke http. Jika tidak, maka anda harus menghapus https di seluruh internal link di postingan anda satu persatu.

Sertifikat SSL berfungsi untuk mempertahankan kualitas jaringan situs kita di mata google.

Saya sendiri akan terus menggunakan sertifikat SSL agar website bisa dibuka dengan menggunakan alamat protokol apapun. Hanya saja saya akan tetap mengalihkan HTTPS ke HTTP untuk mempertahankan Page One. heheh